PERCOBAAN SEDERHANA TENTANG MASSA JENIS AIR DIPENGARUHI OLEH SUHU

A.  LATAR  BELAKANG

Seperti kita lihat, saat memasak air dalam suatu wadah (dengan menggunakan kompor) maka akan terlihat gerakan air ketika suhu air bertambah panas. Gerakan ini semakin cepat dan puncaknya terjadi saat mendidih. Adanya gerakan air ini bisa dijelaskan karena terjadinya perubahan massa jenis air yang berada dibagian bawah. Akibat pemanasan, massa jenis air yang berada di bawah menjadi lebih kecil daripada massa jenis air yang ada dipermukaan.

Dengan adanya fenomena alam dilingkungan sekitar kita yaitu salah satunya contoh yang telah dijelaskan diatas mengenai air mendidih, atas fenomena air mendidih, penulis tertarik untuk melakukan percobaan sederhana yaitu mengenai “percobaan sederhana tentang Massa Jenis Air Dipengaruhi suhu”

 B.  KAJIAN TEORI

Adanya pengaruh suhu terhadap massa jenis air memungkinkan terjadinya pergerakan air tanpa adanya pengaruh dari luar, misalnya pengadukan.

Massa jenis air dipengaruhi oleh suhunya. Air yang panas memiliki massa jenis yang lebih ringan dibandingkan dengan air dingin. Ketika air dingin dan air panas disatukan maka air panas akan memilih posisi di bagian atas.

 C.  METODE

a.   Alat  :

     Botol kecil terbuat dari bahan gelas 2 buah

     Plastik yang agak tebal ukuran 3×3 cm

b.  Bahan

     Air panas

     Air dingin

     Zat pewarna makanan

c.   langkah kerja

 

     Isilah salah satu botol (A) dengan air dingin sampai penuh. Sementara botol lain (B) diisi dengan air panas yang telah diberi pewarna makanan. Tutuplah botol B dengan plastik sehingga mulutnya berada di bawah, kemudian satukan mulut botol B dengan mulut botol A. setelah bersatu, ambul plastik yang berada diantara mulut botol tersebut, amati  apa yang terjadi.

     Seperti langkah percobaan tadi, botol A diisi dengan air dingin sampai penuh dan botol B diisi dengan air panas yang diberi sedikit pewarna makanan sampai penuh. Tutuplah botol A dengan plastik, kemudian balikan posisinya sehingga mulutnya berada dibawah. Satukan mulut botol A dan B. kemudian, tarik plastik yang memisahkan air di kedua botol tadi. Amati apa yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s