Sejak dari lahir sebenarnya kita sudah menangis. Menangis adalah reaksi ketika hati kita tersentuh oleh sebuah peristiwa atau pun karena rasa marah, rasa kecewa, dan berbagai hal lainnya.

Nah, air mata yang keluar dan jatuh saat kita menangis itu merupakan ungkapan perasaan kita, bisa karena bahagia, sedih, kecewa, ataupun marah.

Siapa bilang menangis tak ada gunanya? Kelamaan menangis memang bisa bikin mata merah dan bengkak. Tapi jangan salah sahabat , menangis atau mengeluarkan air mata ternyata bisa jadi obat ajaib yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran kita. Apa saja?

1. Membantu Penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi atau kekeringan pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh Bakteri
Air mata bisa berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90% – 95% bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan Mood
Menangis membuat mood (emosi) seseorang akan terangkat kembali.

4. Mengeluarkan Racun
Seorang ahli biokimia, William Frey  melakukan penelitian tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah sangka dulu, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa racun dalam tubuh kita keluar, maka nantinya tubuh kita akan sehat.

5. Mengurangi Stres
Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin.

6. Melegakan Perasaan
biasanya kalau sesudah menangis akan muncul perasaan lega…

Selama ini sejumlah ilmuwan telah mengaitkan aktivitas menangis dengan beberapa hal, seperti membantu menyingkirkan kimiawi stres dalam tubuh kita. Nah, aktivitas mengundang air mata ini memang sudah terbukti bisa membuat perasaan menjadi lebih baik, nyaman, dan tenang. Bahkan bagi bayi, menangis dapat disimbolkan sebagai pemberitahuan bahwa ada masalah pada bayi. Keren!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s